Donald Trump sudah bikin kesal China, ini penyebabnya

Posted on
Loading...

Kementerian Luar Negeri China, menyatakan mereka telah menyampaikan surat protes kepada AS setelah Presiden terpilih Donald Trump berbicara via telepon dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Kebijakan ‘Satu China’, hanya mengakui Republik Rakyat Tiongkok dan bukan Taiwan, merupakan dasar hubungan China-AS. Kementerian China mendesak agar AS berpegang pada kebijakan tersebut.

donald-trump-sudah-bikin-kesal-china-ini-penyebabnya

China juga meminta AS hati-hati dalam menangani isu Taiwan agar tidak mengganggu hubungan kedua negara.

Pembicaraan telepon selama sepuluh menit dengan pemimpin Taiwan merupakan pembicaraan pertama seorang presiden terpilih AS maupun presiden resmi sejak Jimmy Carter mengalihkan pengakuan diplomatik dari Taiwan ke China pada 1979, yang berarti mengakui Taiwan sebagai bagian dari satu China.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi juga menyalahkan Taiwan, bukan Trump. Mereka menilai pengusaha yang tidak punya pengalaman dalam politik luar negeri.

“Ini hanya dari pihak Taiwan saja yang melakukan tindakan kecil dan tidak mengubah kebijakan ‘Satu China” yang telah diakui masyarakat internasional,” kata Wang.

“Saya yakin bahwa kejadian itu tidak akan mengubah kebijakan Satu China yang sudah diakui sejak lama oleh AS,” katanya.

Wang menyatakan bahwa Presiden Xi Jinping juga sudah langsung berbicara dengan Trump melalui telepon mengenai kemenangan Trump. Donald Trump memuji China sebagai sebuah negara besar.

Menanggapi polemik ini, Trump melalui Twitter menyatakan bahwa Presiden Tsai yang berinisiatif menelpon dirinya.

“Presiden Taiwan menelpon saya hari ini untuk memberi ucapan selamat atas kemenangan saya sebagai Presiden. Terima Kasih,” kata Trump.

Alex Huang, juara bicara Tsai berujar: “Tentu saja kedua pihak setuju sebelum melakukan kontak.” Sampai saat ini, China masih menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memberontak dan tidak pernah menggunakan kekuatan militer untuk memaksa Taiwan di bawah kontrol mereka.

Hubungan antara China dan Taiwan memburuk sejak Tsai yang memimpin Partai Progresif Demokratik yang prokemerdekaan, memenangi kursi presiden pada Januari lalu.

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/donald-trump-sudah-bikin-kesal-china-ini-penyebabnya.html